Dalam proses pertumbuhan anak dari sejak lahir sampai balita memang benar benar harus diperhatikan sehingga dengan asupan yang pas maka diharapkan nantinya pertumbuhan si kecil berjalan dengan baik, cerdas dan tentu saja aktif dan sehat.

Dalam ulasan ini, kami akan mencoba memberikan tips sederhana dalam memberikan pemenuhan kebutuhan gizi seimbang untuk anak anak. Dimana nantinya bunda bisa juga mencari refrensi lain sebagai penguat tentu saja.

Dalam pemenuhuan kebutuhan ini, tentu saja nanti harus disesuaikan juga dengan usia anak. Misalkan dalam memberikan asupan susu, kemudian nutrisi anak merek apa saja bunda bisa gunakan misalkan yang terkenal adalah dari produk nestle dan yang lainya.

Nah ini dia kira kira ringkasan pemenuhan asupan gizi untuk anak anak dari bayi yuk langsung saja disimak ya bund.

Usia 0-6 bulan

Pada usia ini, bayi harus dan diwajibkan ASI selama 6 bulan bahkan dianjurkan sampai ia berusia dua tahun. ASI sendiri sangat banyak kandungannya, yang tentu saja menjadi kebutuhan wajib si kecil sampai ia berusia 6 bulan.

6 bulan+

Kemudian ketika si bayi sudah memasuki usia 7 bulan misalkan, maka dalam tahap ini bunda akan mengenal istilan  (MPASI). Dimana bunda mulai memperkenalkan makanan  lain kepada si bayi. Cara MPASI kemudian menu sangat banyak sekali bisa bunda searching sendiri.

Sedangkan dari sisi asupan kebutuhan sendiri ada jenis kebutuhan mikro namanya. Dimana ini harus ada memang yang umumnya meliputi kebutuhan akan vitamin, kemudian kalsium, zat besi yang semuanya akan berpengaruh langsung pada proses pertumbuhan anak sampai ia berusia dua tahun.

Susu

Kemudian ada susu, susu sendiri banyak jenisnya yang sesuai dengan usia anak. Dalam usia anak dibawah 3 tahun misalkan maka ada susu yang khusus bisa bunda berikan untuk menambah nafsu makan dan juga mencukupi kebutuhan nutrisi harian anak.

Kami sarankan tentu saja menggunakan susu yang bebas dari bahan pengawet dimana ini baik dikonsumsi oleh anak sampai ia berusia 1-12 tahun.

Kemudian yang paling esensial adalah asupan nutrisi dari bahan bahan alami misalkan daging, kemudian ikan laut sampai dengan sayuran dan buah buahan harus bunda siapkan dalam masa masa perkembangan si anak.

Selain itu, kami sarankan jangan terlalu membiasakan anak makan makanan yang instan seperti es krim, kemudian coklat dan makanan yang mengandung bahan pengawet seperti sosis misalkan.

Kebutuhan Gizi Anak Usia Sekolah

Kemudian memasuki usia sekolah kebutuhan gizi anak juga harus diperhatikan, dari sisi makanan misalkan, karena dimasa ini anak sudah sangat aktif, kemudian kemampuan dalam berpikir juga sudah mulai terasah dengan baik.

Jangan lupa juga perhatikan kebutuhan pemenuhuhan vitamin D untuk menguatkan tulang anak, kemudian untuk perkembangan kognitif juga dimana pemenuhan kalsium juga memang harus diperhatikan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *